Tuesday 13 November 2012

Urban Farming with @IDBerkebun






Kami berdua, saya dan Iwan, suami saya, bercita-cita ingin memiliki apotik hidup dan kebun palawija di rumah. Setiap kali saat menonton acaranya Jamie Oliver, saya selalu gemas, ingin seperti dia, memetik sayuran di kebun sendiri, lalu langsung dimasak! Sungguh segar dan bermanfaat besar bagi kami sekeluarga, terutama bagi anak-anak kami yang masih dalam masa pertumbuhan dan butuh gizi yang cukup.

Kebetulan halaman rumah kami cukup memadai untuk tercapainya cita-cita tersebut karena luas bangunan hanyalah sekitar 20% dari luas tanahnya. Namun saya, ya terutama saya, seumur-umur tidak pernah deh berkebun padahal Papa dan Mama saya penggemar tanaman dan cukup serius dalam mengurus kebun mereka di rumah termasuk dalam mengkoleksi berbagai jenis tanaman yang unik dan nge trend pada jamannya. Ya, tanaman punya trend juga lho, coba deh sekali-sekali baca majalah "Trubus" ;-)

Untung saya ketemu dengan @indriseska seorang teman yang baik hati dan dengan semangat mau membantu "membuka lahan" di halaman rumah kami. Indri adalah salah satu penggiat komunitas @IDBerkebun yang sering melakukan kegiatan tanam dan panen bersama di lahan kota. Saya dan Iwan sangat mendukung ide tersebut: lahan dipakai dan untuk berbagi juga. Sungguh asik, seru dan cocok dengan visi kami untuk si #JHouse (maklum deh "anak twitter" sampai rumah aja saya buatkan hashtagnya)

Akhirnya pada hari Jumat yang lalu Indri datang dengan keponakannya Fara dan juga hadir satu tokoh @IDBerkebun yaitu @putisafira, oh, senang sekali kami kedatangan peri-peri kebun ini!
Lalu satu per satu petak tanah yang sudah dipersiapkan seminggu sebelumnya oleh bapak-bapak tukang kebun, ditanami berbagai macam jenis tanaman: jagung, bayam, kacang koro, buncis, kacang panjang, tomat dan yang istimewa, kami mendapat bibit kemangi dari vokalis Padi, Fadly. Makasih ya, Kak!
Mahesh, anak bungsu kami yang kebetulan sedang tidak masuk sekolah, bersemangat sekali membantu Tante-tante Peri, sayang Rangga si sulung saat itu tidak bisa ikut heboh karena masih jam sekolah.

Semoga semua tanaman tumbuh subur dan sebulan lagi kami bisa mulai panen bersama. Siapa mau ikut?

No comments:

Post a Comment