Tuesday 20 August 2013

Potluck









Kami berdua senang menjamu orang ke rumah. Dahulu orang tua saya senang berkunjung ke rumah teman-temannya dan tidak terlalu suka kalau rumahnya didatangi, sementara kami kebalikannya, malas keluar rumah tapi ingin ketemu orang, nah lho, gimana dong?? :D

Salah satu cara untuk bertemu orang tanpa keluar rumah adalah dengan mengadakan acara pertemuan atau kenduri di rumah, tapi kalau terus-terusan kan mahal ya biayanya, jadi salah satu solusinya adalah dengan mengadakan "potluck"  

Acara potluck adalah acara di mana para tamu masing-masing membawa makanan dan minuman untuk disajikan dan saling mencicipi hidangan satu sama lain di tempat berlangsungnya acara. Para tamu juga bisa saling menukar hidangan yang mereka bawa saat pulang nanti, itu pun kalau masih tersisa :))

Selama tinggal di #JHouse ini (September 2012 - sekarang, Agustus 2013, wah, sudah hampir setahun ya!), kami sudah beberapa kali mengadakan potluck, yang pertama adalah saat ulang tahun saya di bulan September 2012, lalu acara menyambut tahun baru di akhir bulan Desember 2012, kumpul dengan teman SMA di awal Januari 2013, dengan teman kuliah pertengahan Januari 2013 lalu acara kumpul-kumpul dengan teman-teman dari Jakarta Berkebun jelang akhir Januari 2013, setelahnya sempat vakum agak lama karena ada peristiwa yang membuat saya super malas ketemu dengan orang (beuh) sehingga baru pada bulan Juni 2013 kami mengadakan potluck dalam rangka acara teman sekolah anak kami yang masih TK (berkebun dan bermain bersama) lalu sekali lagi pada Juli 2013, masa sebelum bulan puasa, saya semangat lagi untuk setuju menjadikan #JHouse sebagai lokasi acara kumpul-kumpul dengan teman-teman SD saya.

Rencananya setelah Lebaran ini akan diadakan sebuah potluck dalam rangka halalbihalal dengan teman-teman SD, ternyata mereka suka ngumpul di rumah dan saya senang sekali menyambutnya. Kemudian teman-teman saya dari SD satunya (ya, saya dulu bersekolah di dua SD karena pindah rumah) juga sudah menyampaikan niatnya untuk ngumpul di rumah kami *pasang konde+pake kebaya*

Saat merancang rumah ini, saya sudah berniat untuk membuat supaya si rumah sering kedatangan tamu, namun tidak menyangka juga kalau benar-benar kedatangan dan membuat senang semuanya..hehe....happy!

Dari beberapa potluck di atas akhirnya saya jadi cukup tahu cara mengatur belanja untuk acara tersebut selaku tuan rumah. Berikut beberapa tips untuk mengadakan acara potluck di rumah:

+ Kerja sama adalah inti dari acara potluck. Jadi acara ini memang kebetulan saja bertempat di rumah kita tetapi pada dasarnya potluck adalah acara bersama yang diusahakan bersama-sama juga. Semua peserta sama-sama bertanggung jawab dengan kesuksesan acara ini minimal dengan pemenuhan janji kehadiran yang ditambah dengan hidangan yang (akan) mereka bawa. Jadi bekerjasamalah sebaik-baiknya karena semua peserta adalah tuan rumah acara tersebut.

+ Buat tema potluck, bisa berdasarkan jenis makanan, dresscode, acara dan lain-lain, pokoknya apa aja supaya fun ;)

+ Acara utamanya apa? Halalbihalal? Berkebun? Berbagi ilmu pengetahuan praktis? 

+ Buatlah daftar/cari tahu jenis makanan/minuman yang akan dibawa oleh para peserta potluck melalui BBM/WhatsApp/e-mail/SMS. Hal ini diperlukan supaya tidak ada hidangan sejenis yang berlebihan dan mubasir, serta mengatur komposisi hidangan.

+ Perlengkapan makan juga tidak perlu ditanggung semuanya oleh pemilik rumah, peserta lainnya boleh kok bawa sendok-garpu atau piring kertas ;) (catatan: saya akhirnya membeli piring anyaman yang dialasi daun pisang sehingga jika ada potluck/acara lainnya tidak usah repot cuci piring, tinggal buang daun pisangnya, piring tumpuk dan simpan, beres)






+ Jumlah makanan tidak perlu berlebihan, misalnya peserta potluck 25 orang, kita tidak perlu menyediakan satu menu untuk 25 orang juga, cukup untuk sepertiga atau setengah jumlah orang yang hadir saja per menunya karena toh tidak semua orang akan mengkonsumsi satu jenis makanan yang sama.

+ Dekorasi dengan bahan yang ada di rumah, misalnya dengan guntingan kertas yang ditempel, susunan pajangan yang diatur di meja makan dan lain-lain. Buat semenarik mungkin dan tidak perlu mahal.










+ Jika sempat, sediakan souvenir untuk tamu-tamu yang hadir. Sesuaikan dengan tema potluck saat itu. Untuk tema Open House dan Natal/Tahun Baru saya menyediakan souvenir berupa sendok kayu yang dicat ujungnya, sedangkan saat tema berkebun dan bermain anak, souvenir dibuat sendiri oleh anak-anak dengan menanam benih dalam pot yang kami sediakan.

+ Area parkir perlu dipikirkan juga supaya tidak mengganggu tetangga. Usulkan kepada yang hadir untuk saling menebeng satu sama lain, hemat bensin kan;)



Well, selamat mengadakan potluck! Ditanggung seru dan rame :))








FRIENDS AND FAMILY
#JHouse End of Year 2012 Potluck
Picture by Pinot Dita

Thank you all for coming! :))














No comments:

Post a Comment